Senin, 22 Oktober 2012

Definisi Sistem

Sistem berasal dari kata yunani (sustema) dan bahasa latin (systema) yang mempunyai arti suatu susunan yang teratur dari kegiatan - kegiatan yang saling berkaitan dan susunan prosedur - prosedur yang saling berhubungan, yang melaksanakan dan mempemudah kegiatan-kegiatan utama organisasi atau institusi.


Karakteristik Sistem:
  1. Komponen/elemen (Component)
  2. Batas Sistem (Boundary)
  3. Lingkungan Luar (Environment)
  4. Penghubung (Interface)
  5. Masukan (Input)
  6. Pengolah (Process)
  7. Keluaran (Output)
  8. Sasaran (Objective)/Tujuan(Goal)

Klasifikasi Sistem:
  1. Abstract System = Sistem yang tidak tampak secara fisik, karena hanya berupa pemikiran ide-ide atau gagasan. Contoh, Sistem Teologia, yaitu hubungan antara tuhan dan manusia
  2. Physical System = Sistem yang berbentuk fisik. Contoh, Sistem Pendidikan, Sistem Produksi, dll.
  3. Natural System  = Sistem yang terjadi secara alamiah. Contoh, Sistem Geologi.
  4. Human Made System = Sistem yang dirancang atau dibuat oleh manusia. Contoh, Sistem Informasi
  5. Deterministic System = Sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang dapat diramalkan, interaksi antara elemen-elemen dapat dideteksi, sehingga keluaran (output) pun dapat diramalkan. Contoh, Sistem Komputer
  6. Probabilistic System = Sistem yang tidak dapat diramalkan. Contoh, Sistem Manusia
  7. Closed System & Open System = Sistem yang tdak berhubungan dengan lingkungan luar (Closed System) dan sistem yang berhubungan dengan lingkungan luar (Open System).

 Konsep dasar sistem menurut para ahli:
  1. Gordon B. Davis (1984) : Sebuah sistem terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa sasaran atau maksud.
  2. Raymond Mcleod : Sistem adalah himpunan dari unsur-unsur yang saling berkaitan sehingga membentuk suatu kesatuan yang utuh dan terpadu.
  3. Jerry Fitz Gerald : Sistem adalah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar