Senin, 30 Januari 2012

Hubungan RAM dengan Harddisk

  RAM merupakan hardware komputer yang berfungsi sebagai media penyimpan data yang bersifat temporary (sementara/tidak permanen) ketika data/program tersebut sedang diakses atau di-load, dan kemudian  data tersebut diakses ke media lain yang disebut Hard Disk Drive (HDD) dengan perintah tertentu (misal: save). Dikarenakan RAM ini bersifat tidak permanen, maka ketika sebuah data /program dijalankan dan belum tersimpan ke media HDD, kemudian komputer mati dengan tiba-tiba, maka data tersebut kemungkinan besar akan hilang. RAM sebagai media penyimpan data temporary memiliki satuan hitung penyimpanan yang disebut byte. RAM juga berpengaruh besar terhadap akses kecepatan kinerja computer yang mana memiliki satuan hitung Hz. Semakin besar ukuran Byte pada RAM biasanya semakin besar pula ukuran Hz dan semakin besar ukuran Hz maka semakin cepat pula kinerja sebuah computer (Anonim, 2010).

      Pada dasarnya saat ini terdapat beberapa jenis memory khususnya untuk personal desktop, atau komputer biasa, antara lain : 1. Memory  Jenis EDORAM, biasanya digunakan pada Pentium 1 terdahulu; 2. Memory Jenis SDRAM, digunakan pada TX Pro, Pentium2, P3, P4 awal; 3. Memory Jenis DDR1 atau lebih dikenal dengan DDR saja, aplikasi pd P4; 4. Memory jenis DDR2 atau DDR2; 5. dan memory jenis DDR3. Beberapa contoh ukuran RAM: 1. SDR 32mb, 64mb, 128mb, 256mb; 2. DDR1 128mb, 256mb, 512mb, 1Gb; 3. DDR2 512mb, 1Gb, 2Gb (Anonim, 2010).
       Harddisk merupakan piranti penyimpanan sekunder yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar, dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjutnya bergerak mencari sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency (Deden, 2007).
Multiple Object
     Dalam kasus ini ada 2 objek yang dibandingkan yaitu RAM dan Harddisk.
Variable Dependent
     Dalam kasus ini yang termasuk variable dependent adalah RAM ini bersifat tidak permanen maka ketikan sebuah data/program dijalankan dan belum tersimpan ke media HDD, kemudian komputer mati dengan tiba-tiba maka data tersebut kemungkinan besar akan hilang.
Variable Independent
     Dalam kasus ini yang termasuk variable independent adalah RAM merupakan hardware komputer yang berfungsi sebagai media penyimpan data yang bersifat temporary (sementara/tidak permanen) ketika data/program tersebut sedang diakses atau di-load, dan kemudian  data tersebut diakses ke media lain yg disebut Hard Disk.

0 komentar:

Posting Komentar