Jumat, 03 Februari 2012

Aksara Jawa Bakal Jadi “Font” di Windows

http://cdn.ridwanaz.com/wp-content/uploads/2011/12/aksara-jawa1.jpg
Berita Teknologi. Kabar membanggakan datang dari Kongres Bahasa Jawa (KBJ) ke-5 di Surabaya. Disela-sela acara tersebut Ki Demang Sokowetan, seorang pemerhati aksara dan Bahasa Jawa mengatakan bahwa Aksara Jawa akan menjadi font di dalam sistem operasi Windows milik Microsoft.
“UNESCO telah membantu kami untuk mendaftarkan aksara Jawa masuk font komputer kepada Unicode,” katanya kepada ANTARA.
Microsoft telah menjanjikan akan memasukkan font aksara Jawa tersebut pada sistem operasi Windows generasi berikutnya.
“Sekarang, kami tinggal menunggu realisasinya dan Microsoft sudah berjanji akan memasukkan dalam windows versi terbaru. Kalau sekarang windows7, ya mungkin nanti windows8 atau versi terbaru sudah ada,” katanya.
UNESCO tertarik untuk mengabadikan aksara Jawa kedalam font, karena mereka menganggap aksara Jawa sudah perlu diselamatkan agar tidak punah.
Ki Demang mengatakan dia telah dihubungi oleh pengembang seluler sejak setahun yang lalu, atas aplikasi bahasa dan aksara Jawa buatannya yang dijadikan Unicode yang mudah dipelajari oleh siapa saja.
Sampai sekarang, katanya, banyak teman peneliti asing siap membantu peluncuran software Jawa itu di negaranya. “Saya masih berharap peluncuran software Jawa itu ya di Jawa, saya menunggu respons pihak berwenang dulu,” katanya.

0 komentar:

Posting Komentar