This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Selasa, 16 April 2013

Cara Menghitung & Mengukur Transformator

Umumnya trafo transformator digunakan sebagai power supply atau sumber tegangan untuk alat-alat listrik dan elektronik rumah tangga dan juga kantor.

Jenis trafo step down, paling banyak digunakan, berfungsi untuk menurunkan tegangan AC (bolak-balik). Trafo jenis ini memiliki kumparan (lilitan) primer lebih banyak daripada kumparan sekunder. Dengan trafo step-down ini, tegangan input PLN 220V-240V diturunkan menjadi 6V, 9V,12V, 15V, atau sesuai kebutuhan, setelah itu disearahkan menjadi tegangan DC.

http://media2.id.88db.com/DB88UploadFiles/2009/09/29/FA446732-5671-4F37-B6FD-1801916C6284.JPG

Pengukuran dan pengecekan trafo

Berikut cara sederhana untuk mengetahui kondisi sebuah trafo dengan memakai multimeter pada selektor Ohm Meter. Prinsipnya transformator yang masih bagus dapat dilihat dari hasil beberapa pengetesan berikut:

1. Kumparan primer trafo tidak boleh terhubung dengan dengan kumparan sekunder trafo
2. Setiap titik (terminal) pada ujung kumparan primer harus terhubung atau memiliki resistansi kecil, terminal-terminal tersebut ditandai dengan tulisan tegangan input seperti 0, 110V, 120V, 220V, dan 240V
3. Setiap terminal pada ujung kumparan sekunder harus terhubung atau memiliki resistansi kecil, terminal-terminal tersebut ditandai dengan tulisan tegangan output seperti 0, CT, 6V, 9V,12V, 15V, 18V, dan 24V

Perhitungan Trafo

Trafo yang tersusun dari kumparan primer, kumparan sekunder, dan inti besi bekerja berdasarkan hukum Ampere dan hukum Faraday dimana arus listrik berubah menjadi medan magnet dan sebaliknya medan magnet berubah menjadi arus listrik. Apabila salah satu kumparan pada transformator diberi arus bolak-balik (AC) maka medan magnet akan berubah dan menimbulkan induksi pada kumparan sisi yang lain. Perubahan medan magnet tersebut akan mengakibatkan perbedaan potensial (tegangan).

Berikut adalah beberapa rumus dasar untuk menentukan jumlah kumparan primer dan kumparan sekunder agar menghasilkan tegangan output rendah dengan arus besar.

Np / Ns = Vp / Vs = Is / Ip

Keterangan :
Np = Jumlah kumparan primer
Ns = Jumlah kumparan sekunder
Vp = Tegangan input primer (Volt)
Vs = Tegangan output sekunder (Volt)
Ip = Arus input primer (Ampere)
Is = Arus output sekunder (Ampere)

Dari rumus di atas, arus berbanding terbalik dengan kumparan dan tegangan.

Pp = Ps
Vp x Ip = Vs x Is
Pp = Daya Primer (Watt)
Ps = Daya Sekunder (Watt)
Vp = Tegangan Primer (Volt)
Vs = Tegangan Sekunder (Volt)
Ip = Arus Sekunder (Ampere)
Is = Arus Sekunder (Ampere)

Contoh 1
Jika sebuah trafo memiliki kumparan primer (Np) 2200, tegangan input (Vp) 220V, dan tegangan output sekunder (Vs) yang diinginkan adalah 10V, maka jumlah kumparan sekunder adalah......

Np / Ns = Vp / Vs
2200 / Ns = 220 / 10
Ns = 2200 / (220 /10 )
Ns = 2200 / 22
Ns = 100
Jadi untuk menghasilkan tegangan output (Vs) sekunder 10V, kumparan sekunder (Ns) harus 100 lilitan

Contoh 2
Jika sebuah trafo memiliki kumparan primer (Np) 2000 dan kumparan sekunder (Ns) 500, berapakah arus primer dan arus sekunder jika digunakan untuk menyalakan sebuah pemanas 25 Volt 50 Watt.

Pp = Ps
Vp x Ip = Vs x Is
Is = Ps / Vs
Is = 50 / 25
Is = 2
Jadi arus sekunder (Is) trafo tersebut adalah 1 Ampere

Np / Ns = Is / Ip
Np / Ns = (Ps / Vs) / Ip
2000 / 500 = (50 / 25) / Ip
4 = 2 / Ip
Ip = 2 / 4
Ip = 0.5

atau

Np / Ns = Is / Ip
2000 / 500 = 2 / Ip
4 = 2 / Ip
Ip = 2 /4
Ip = 0.5
Jadi Arus Primer (Ip) adalah 0.5 Ampere
Catatan:
Tegangan primer dan tegangan sekunder trafo adalah tegangan bolah-balik (AC).
Berbagai sumber

Tipe Jaringan Komputer


Berdasarkan metode pengaksesan data, Tipe Jaringan Komputer terbagi menjadi dua, yaitu : 
  • Jaringan Peer to Peer 
  • Jaringan Client Server
Berikut ini adalah Penjelasan dari Tipe Jaringan Komputer :
1. Jaringan Peer to Peer
Jaringan Peer to Peer adalah jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Jaringan Peer to Peer memperbolehkan pemakai membagi resources dan file pada komputer mereka serta mengakses shared resources yang ada pada komputer lain. Pada Jaringan Peer to Peer tidak mempunyai file server atau sumber manajemen yang terpusat. Dalam Jaringan Peer to Peer semua komputer di perlakukan sama, mereka semua mempunyai kemampuan yang sama untuk menggunakan resources yang tersedia pada jaringan. Jaringan Peer to Peer di tujukan bagi Local Area Network (LAN) kecil sampai menengah.

Keuntungan dari Peer to Peer :
  • Murah, Karena tidak memerlukan server.
  • Instalasi mudah di lakukkan.
Kerugian dari Peer to Peer :
  • Desentralisasi - Tidak ada posisi sentral untuk file dan aplikasi.
  • Keamanan - Tidak ada Keamanan pada Jaringan.


2. Client Server
Client Server adalah jaringan komputer dimana jaringan ini memiliki satu buah server dan selebihnya bertindak sebagai client. Client Server merupakan Jaringan yang memperbolehkan jaringannya untuk memusatkan fungsi dan aplikasi dalam satu atau lebih file server. File server menjadi jantung dari sistem, menyediakan akses dan resources dan menyediakan keamanan. Individual workstation (client) memiliki akses ke resources yang tersedia pada file server. Untuk menggunakan Jaringan Client Server diperlukan sebuah media perantara berupa hub/switch.
Keuntungan dari Client Server :
  • Terpusat - resource dan keamanan data terkontrol melalui server.
  • Mempunyai skala - Satu atau semua elemen bisa di ganti bergantung pada kebutuhan.
  • Fleksibel - Teknologi baru dengan mudah dapat di integrasikan ke dalam sistem.
  • Interoperability - semua komponen (client/jaringan/server) bekerja bersama-sama.
  • Mudah di akses - Server dapat di akses dari jauh dan melewati multiple platform.
Kerugian dari Client Server :
  • Harga/biaya - Memerlukan investasi awal yang lumayan besar.
  • Perawatan - Jaringan besar akan membutuhkan seorang staf untuk mengefisienkan operasi


Perkembangan HTML dari Masa ke Masa


Sejak awal diciptakan oleh seorang ilmuwan bernama Tim Berners-Lee pada tahun 1990. Sejarah HTML terus berkembang dengan berbagai macam versi dan kemajuan. Saat ini mulai diperkenalkan HTML versi terbaru HTML 5. Meskipun belum standar W3C namun, browser utama mendukung banyak elemen baru HTML5 dan API.  HTML5 kabarnya akan direkomendasikan oleh W3C pada tahun 2014 dan kandidat pengganti versi sebelumnya (XHTML 1.0 dan HTML 4.01)
Tabel Perkembangan HTML dari masa ke masa
Version Year
HTML 1991
HTML+ 1993
HTML 2.0 1995
HTML 3.2 1997
HTML 4.01 1999
XHTML 1.0 2000
HTML 5 2012
XHTML 5 2013

Elemen-elemen Baru di HTML 5 :
  •     Elemen <canvas> untuk menggambar 2D
  •     Elemen <video> dan <audio> untuk media player
  •     Support local storage
  •     Konten spesifik elemen baru, seperti <article>, <footer>, <header>, <nav>, <section>
  •     Kontrol form baru, seperti kalender, tanggal, waktu, email, url, search

Daftar lengkap elemen baru di HTML 5
Tag Keterangan
<article> Mendefinisikan sebuah artikel (pengganti tag paragraph)
<aside> Mendefinisikan konten selain dari konten halaman/post, bisa digunakan untuk menaruh iklan
<audio> Mendefinisikan konten audio
<canvas> Digunakan untuk menggambar grafik, on the fly, melalui scripting (Java Script biasanya)
<command> Mendefinisikan tombol perintah untuk dapat memanggil
<details> Mendefinisikan rincian tambahan bahwa pengguna dapat melihat atau menyembunyikan
<datalist> Menentukan daftar pilihan standar untuk kontrol input
<embed> Mendefinisikan sebuah wadah untuk aplikasi eksternal (non-HTML)
<header> Mendefinisikan sebuah dokumen atau bagian header
<figure> Menentukan konten mandiri
<footer> Mendefinisikan sebuah dokumen atau bagian footer
<hgroup> Groups heading (<h1> to <h6>) elemen
<mark> Mendefinisikan teks yang ditandai / disorot
<output> Mendefinisikan hasil penghitungan
<source> Mendefinisikan beberapa sumber media untuk elemen media (<video> dan <audio>)
<summary> Mendefinisikan sebuah visible heading untuk elemen <details>
<time> Mendefinisikan tanggal / waktu
<video> Mendefinisikan sebuah video atau film
<section> Mendefinisikan bagian dalam dokumen

Selain elemen-elemen diatas ada juga fitur "conforming" pada HTML5, seperti penggunaan attribut pada elemen tertentu.

Attribut baru HTML 5 antara lain :
Tag Keterangan
draggable Menentukan apakah suatu unsur adalah draggable atau tidak
contextmenu Menentukan menu konteks untuk suatu elemen. Menu konteks muncul ketika pengguna mengklik kanan pada elemen
hidden Menentukan bahwa elemen belum, atau tidak lagi, relevan
spellcheck Mendefinisikan posisi teks dicenter
dropzone Mendefinisikan direktori list
contenteditable Mendefinisikan font, warna, dan ukuran untuk teks
itemprop Digunakan untuk group item

Pada HTML 5 penulisan atribut hanya dapat ditentukan pada tag awal dan tidak boleh digunakan dalam tag akhir. Atribut HTML5 adalah case sensitif dan dapat juga ditulis dalam huruf besar semua atau mix, akan tetapi konvensi yang paling umum adalah tetap menggunakan huruf kecil.

Membahas Jaringan Komputer Modern dan Pentingnya Itu Untuk Bisnis




Jaringan komputer adalah menghubungkan dua atau lebih komputer yang memungkinkan mereka untuk berbagi sumber daya. Hal ini dapat dilakukan antar komputer di rumah, di bisnis, di sebuah perusahaan, dan bahkan internasional. Hal yang sama dapat didefinisikan sebagai metode untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer bersama-sama termasuk printer dan perangkat lainnya.

Manfaat jaringan cukup besar, bahkan pada jaringan hanya tiga sistem. Dalam jaringan komputer tidak pernah ada pernyataan lebih benar dari itu ini adalah kasus yang dialami keuntungan yang jauh lebih besar daripada jumlah bagian-bagian. jaringan PC, sebagai konsekuensi, disiplin berkembang pesat dengan banyak kesempatan yang menarik. Tantangan yang timbul dalam jaringan dan khususnya di internet cenderung untuk benar-benar global dan memiliki potensi untuk dampak atas jutaan pengguna.

Salah satu dampak besar dan berkembang adalah belanja Internet. Belanja online telah berkembang selama 10 tahun terakhir untuk menjadi pasar yang besar, dan jika bisnis penjualan tidak menggabungkan hari ini menggunakan teknologi mereka akan jatuh di belakang pesaing mereka.

Tapi jaringan komputer juga memproduksi banyak menggunakan lebih halus dalam masyarakat kita. Sebagai contoh, teknologi internet dapat digunakan untuk respon positif kondisi empati pada mereka yang telah tersinggung terhadap norma-norma masyarakat dari kurangnya apresiasi efek bahwa perilaku kriminal mereka telah pada orang lain. Dengan kata lain perangkat internet yang terkait dapat melacak tahanan rumah untuk menjaga perilaku mereka, cara-cara yang 20 tahun yang lalu bahkan belum memasuki kepala penulis fiksi ilmiah, untuk kepentingan masyarakat secara keseluruhan.

Wireless teknologi internet, adalah pengembangan, juga dikenal sebagai WiFi, yang benar-benar mengambil alih cara orang akses internet dan telah menjadi sangat populer dalam ruang yang sangat singkat. Salah satu alasan untuk ini adalah memungkinkan orang untuk mengakses Internet melalui jaringan hot spot, saat bepergian tanpa menggunakan kabel atau kawat. Dalam singkat melepaskan kita dari tirani kabel dan steker!

Jaringan nirkabel saat ini sudah banyak digunakan termasuk internet-enabled ponsel dengan jaringan telepon selular dan, dalam bangunan, jaringan nirkabel seperti Bluetooth. Ini merupakan tambahan untuk jaringan situs yang digunakan oleh lembaga-lembaga akademis dan bisnis besar. Wireless router harus dikonfigurasi segera untuk hak keamanan setelah Anda mengatur jaringan Anda. Adalah penting untuk menekankan bahwa nirkabel dapat dengan mudah juga berarti tidak aman kecuali pengguna berhati-hati untuk mengatur sistem dengan benar.

Jadi, apakah hak ini pergi, segera setelah anda memiliki perangkat berjalan. Anda perlu mengeset password baru untuk akses router dan membatasi hanya komputer-komputer pada jaringan nirkabel Anda.

Informal didefinisikan jaringan komputer adalah dasar dari Internet. Internet itu sendiri lebih mudah untuk memahami ketika didefinisikan sebagai set pengguna, perusahaan, dan penyedia konten yang saling berhubungan dengan Internet Service Provider (ISP).

Dari sudut pandang teknik, dan tolong maafkan saya karena agak teknisi di sini, Internet adalah set subnet, dan agregat dari subnet, yang berbagi ruang alamat IP yang terdaftar dan pertukaran informasi tentang keterjangkauan alamat IP yang menggunakan Border Gateway Protocol . jaringan komputer juga dapat diklasifikasikan menurut lapisan jaringan di mana mereka beroperasi menurut beberapa model acuan dasar yang dianggap standar dalam industri seperti model referensi tujuh lapis OSI dan lima lapisan TCP / IP model.

Perusahaan yang menggunakan jaringan mereka sendiri komputer harus mengelola sistem yang kompleks yang sekali digunakan, menjadi alat vital untuk efisiensi melanjutkan operasi mereka. Mereka mempekerjakan administrator yang berfokus terutama pada operasi sehari-hari jaringan, sedangkan network engineer berurusan terutama dengan upgrade sistem, pengujian keamanan, dan sebagainya.

Mengingat sifat yang sangat teknologi jaringan komputer Anda akan berpikir bahwa hanya memelihara dan mengembangkan ini akan cukup sulit. Namun, perusahaan juga secara rutin menghadapi tantangan terus-menerus dengan perang terhadap perangkat lunak yang merusak, seperti malware seperti worm, virus, dan spyware.

jaringan komputer telah memungkinkan orang untuk bekerja di perjalanan, dan membawa pulang bekerja jauh lebih efisien daripada yang pernah mungkin dilakukan sebelumnya. tenaga kerja mobile hari ini banyak memasang perangkat ke jaringan perusahaan yang sulit untuk mengendalikan dari sudut pandang kebijakan keamanan. Ini adalah untai umum bahwa perusahaan-perusahaan yang memaksimalkan penggunaan dan manfaat dari kapasitas dan kemampuan jaringan mereka mampu mengumpulkan, menganalisa, dan menyebarkan informasi pemasaran kritis dengan cepat, yang dapat memberikan keuntungan lebih dari pesaing mereka.

Namun, kehilangan data dan system downtime dapat membawa setiap bisnis untuk lutut itu, sehingga di daerah ini menggunakan sistem ketat termurah dan tenaga kerja, mungkin ekonomi palsu urutan pertama. Ada banyak staf yang sangat terlatih yang berpartisipasi dalam kursus-kursus bersertifikat Microsoft jaringan komputer dan kualifikasi. Para spesialis lebih dari mampu melindungi bisnis jaringan anda siang dan malam. Mereka memberikan layanan dukungan jaringan yang meliputi keamanan data, backup data dan rencana pemulihan bencana.

Selasa, 09 April 2013

Pengantar desain dan pemograman web

Dalam membangun sebuah web dibutuhkan 2 keahlian yang berupa keahlian untuk membuat desain web dan keahlian untuk web programming itu sendiri.
Salah satu kendala klasik dalam proses perancangan web adalah tugas rangkap dari seorang developer yang sekaligus dipaksa untuk menjadi seorang desainer web yang baik. Kendala tersebut timbul karena tidak semua developer mampu menjadi seorang desainer yang baik dan begitu pula sebaliknya.
Perbedaan – perbedaan mendasar yang membedakan antara pemrograman web dengan pemrograman desktop, yaitu :
1. Stateless
Dengan arsitektur yang cenderung bebas, maka sebuah aplikasi web hampir tidak memiliki batasan bagi para penggunanya. Sebagai contoh adalah penggunaan browser yang mampu melakukan proses multi tab ataupun multi window, akibatnya, tidak ada batasan bagi seorang pengguna melakukan proses yang sama dalam window atau tab browser yang berbeda.
2. Multi platform
Sebuah aplikasi web harus mampu dijalankan dalam sebuah browser di lintas platform atau sistem operasi. Sebuah aplikasi web ASP .NET yang dibangun di sistem operasi Windows, sebagai contoh, juga harus mampu dijalankan di browser sistem operasi lain, misalnya di sebuah distro Linux.
3. Navigation sentris
Dibandingkan dengan aplikasi desktop yang lebih menekankan kepada step by step sentris, misalnya penggunaan menu yang telah diatur sedemikian rupa urutannya, sebuah aplikasi web lebih ke arah navigation sentris. Hal ini secara umum akan membebaskan pengguna untuk mengerjakan sebuah proses tanpa harus melalui prosedur semestinya. Sebagai contoh adalah proses logout yang juga dapat dilakukan dengan menutup aplikasi browser.
4. Based on page
Dengan konsep ini, maka sebuah aplikasi web juga mengandalkan nilai estetika selain nilai dari proses yang dilakukan itu sendiri. Berbeda dengan aplikasi desktop yang lebih banyak menafikan desain dari aplikasi itu sendiri, maka aplikasi web juga bergantung pada keindahan desain demi mendukung proses yang ada didalamnya.
5. Just browser
Secara umum, sebuah aplikasi web hanya membutuhkan sebuah browser tanpa perlu instalasi runtimeataupun aplikasi lain. Meski banyak pula aplikasi web yang membutuhkan plug-ins tertentu dalam browser, seperti Flash player ataupun media player, tetapi hampir tiap browser yang ada telah memiliki fasilitas yang sama.
6. Less secure
Salah satu hal yang menjadi isu klasik dalam pemrograman web adalah masalah keamanan yang jauh lebih rentan dibanding aplikasi desktop. Terlebih lagi jika aplikasi web tersebut digunakan oleh pengguna secara jamak di internet. Pihak pengguna yang bisa jadi sangat banyak dengan berbagai tujuan, baik ataupun buruk, lebih sulit dideteksi dibandingkan dengan pengguna di aplikasi desktop.
Aplikasi berbasis web diperlukan jika :
a. Informasi yang akan ditampilkan harus bisa diakses semua orang di seluruh dunia
b. Infrastruktur pengguna yang tidak terbatas dan memiliki berbagai variasi
c. Pengaturan aplikasi seminimal mungkin
d. Tidak terlalu banyak memanfaatkan fasilitas yang terdapat dalam sistem operasi
e. Sekuritas minimal
Istilah-istilah dalam pemrograman web yang perlu dipahami terlebih dahulu ialah :
1. Website / situs
Sebuah situs bisa dikatakan sebagai sebuah aplikasi web yang lengkap dari navigasi awal hingga akhir. Sebuah situs bisa terdiri dari satu atau lebih web page atau halaman web.
2. Web page / halaman web
Merupakan bagian terkecil dari sebuah situs atau website.
3. Web server
Aplikasi yang bertindak sebagai tempat penampung aplikasi web sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan, misal : IIS, apache atau Cassini.
4. Web hosting
Merupakan web server yang menampung banyak aplikasi web didalamnya. Dalam konteks yang lebih umum, web hosting kini diartikan sebagai sebuah penyedia layanan jasa bagi para developer untuk menempatkan aplikasi webnya di internet, baik secara komersil ataupun tidak.
5. Web browser
Aplikasi yang digunakan untuk aktifitas browsing atau menjelajah internet. Dalam konteks pemrograman web, web browser juga sebagai penentu kompatibilitas jalannya sebuah aplikasi web, misal : untuk web browser jenis dan versi tertentu tidak mampu menjalankan beberapa fitur aplikasi web yang akan dibuat.
6. Web design / desain web
Merupakan kegiatan desain sebuah situs. Aktifitas ini biasanya dilakukan secara terpisah dari proses pemrograman, tetapi sering kali seorang developer web juga bertindak sebagai desainer web.
7. Server side vs client side
Server side, secara sederhana, merupakan bahasa pemrograman web yang akan dikompilasi di web server, sehingga pengguna tidak bisa melihat source code dari aplikasi tersebut, misal : ASP, PHP. Sedangkan client side adalah bahasa pemrograman web yang dieksekusi di komputer pengguna, sehingga pengguna dapat melihat source code dari aplikasi tersebut, misal : Javascript dan VB Script.

sekilas tentang html

HTML (HyperText Mark up Language) merupakan suatu metoda untuk mengimplementasikan konsep hypertext dalam suatu naskah atau dokumen. HTML sendiri bukan tergolong pada suatu bahasa pemrograman karena sifatnya yang hanya memberikan tanda (marking up) pada suatu naskah teks dan bukan sebagai program.
Secara umum format tag HTML tersebut dapat dituliskan sebagai berikut:
<TAG>Teks yang akan dipengaruhi oleh tag</TAG>
Sebagai contoh kalau kita akan membuat tulisan dalam format tebal maka yang harus kita tuliskan dalam file HTML adalah:
<B>Tulisan yang tercetak tebal</B>