Kamis, 05 April 2012

Troubleshooting Pada Mouse

Troubleshooting pada mouse bisa sangat menjengkelkan, apalagi disaat kita sedang melakukan pengeditan yang menggunakan lebih banyak mouse daripada keyboard, seperti progam photoshop atau autocad. Frans PC sendiri pernah mengalami troubleshooting mouse yang sangat mengganggu ketika dalam pengeditan artikel. Untuk kasus itulah Frans PC kali ini akan membahas mengenai troubleshooting yang terjadi pada mouse, hanya sekedar untuk berbagi pengalaman.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya troubleshooting ringan pada mouse, yang perlu anda lakukan yaitu bersabar dan perhatikan troubleshooting mouse yang sering terjadi dibawah ini.

Solusi dan troubleshooting mouse

- Mouse kadang berjalan kadang tidak
Penyebab terjadinya kerusakan ini bisa terjadi pada kabel mouse yang terputus didalam, terputus setengah atau terkoyak, karena tertarik dengan tidak sengaja. Solusinya periksa kabel mouse, bila terdapat kabel yang terputus atau terkoyak sambungkan dan lapisi dengan lakban plastik. Berbeda dengan kabel mouse yang putus didalam, anda harus meraba letak putusnya kabel karena tidak terlihat atau menggunakan avo meter.

Troubleshooting mouse diatas bisa juga disebabkan oleh konektor mouse yang terhubung ke port i/o motherboard komputer renggang, bisa dari konektor mousenya yang sudah lemah ataupun port motherboardnya. Solusinya ganjal konektor mouse tersebut menggunakan kertas sehingga konektor terpasang dengan kencang dan baik. Namun baiknya solusi tersebut bersifat sementara dan dalam keadaan darurat saja.

Cara terbaik yaitu dengan mengganti konektor yang renggang tersebut dengan konektor tambahan PS/2 to USB untuk anda yang memakai mouse type PS/2, dan pasangkan mouse tersebut ke port usb. Jika mouse anda berjenis konektor usb yang renggang, coba pindahkan ke port usb yang lain, atau dengan menggantinya dengan konektor tambahan USB to PS/2 dan pasang ke port PS/2. Cara ini cukup efisien daripada harus membeli mouse baru.
- Mouse tidak berjalan tetapi lampu dibawah mouse menyala
Kerusakan ini belum tentu terjadi pada mouse atau pada motherboard komputer, kasus inilah yang Frans PC alami sendiri. Solusinya adalah dengan menggunakan keyboard :
  • Tekan tombol windows pada keyboard untuk menampilkan "start menu".
  • Gunakan arah panah untuk memilih menu "my computer".
  • Tekan tombol pengganti klik kanan yang berada disebelah tombol Ctrl sebelah kanan.
  • Pada jendela system properties pilih hardware dan tekan tab lalu enter untuk membuka menu "device manager".
  • Tekan tab sekali lagi dan pilih gambar mouse atau mice and other pointing devices, tekan panah kearah kanan untuk expand.
  • Normalnya terdapat tulisan "Microsoft PS/2 Mouse" atau "Microsoft Usb Mouse". Selain tulisan tersebut ada kemungkinan komputer anda terkena virus seperti contoh gambar komputer milik Frans PC dibawah ini. Sebaiknya install ulang sistem operasi anda.
Dengan pengecekan masalah yang dilakukan diatas, minimal dapat mengatasi troubleshooting ringan pada mouse kesayangan sebelum anda memutuskan untuk menggantinya dengan yang baru. Apalagi mouse anda berasal dari pabrikan yang terkemuka seperti logitech, genius dan lain-lain yang harganya jauh lebih mahal.

0 komentar:

Posting Komentar