Jumat, 02 Maret 2012

Perkembangan Teknologi Hardware Komputer

Pendahuluan
Informasi Tentang Hardware Komputer
Hidup banyak pilihan, yang baik atau yang tidak baik, semua tersedia di dunia modern saat ini. Segala kemudahan bisa diraih juga dengan mudah, asal kita mau melakukannya. Termasuk malasah di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. Dalam perkembangannya, ilmu pengetahuan memang suatu kebutuhan bagi generasi modern seperti kita bahkan juga orang tua kita. Rasa percaya diri muncul saat kita merasa sebagai murid dari sekolah apa atau sebagai mahasiswa Universitas apa. If we are well educated, we will be confidence.
Begitu pula kalau ilmu pengetahuan bisa di dapat dengan hanya sentuhan jari, hentakan dari jari-jari kita dalam mengoperasikan sebuah PC misalnya. Handphone segala merk, segala bentuk, segala warna dan rupa dan juga segala harga dari yang paling murah sampai yang mahal. Ada semua di depan mata saat kita berjalan-jalan di mall, ruko-ruko (rumah kantor) bahkan mungkin pasar-pasar rakyat. Tetapi apakah kita tahu bahwa itu merupakan perkembangan teknologi? Ayo, kita cari tahu sekarang.
Komputer adalah sebuah peralatan elektronik yang beroperasi di bawah control instruksi yang disimpan di dalam memory-nya, yang dapat menyimpan data, memanipulasi data menurut aturan yang ditentukan , memberikan hasil untuk keperluan mendatang. Sebagai contoh sejarah sebuah komputer dan perangkat keras yang terakit di dalamnya. Mari kita ulas sedikit tentang beberapa perusahaan perangkat keras atau hardware yang besar dan berkembang.
Yang kita pelajari tentang hardware dalam pengelompokkan nya di bagi menjadi beberapa jenis menurut cara kerjanya. Komponen – komponen hardware adalah seperti di bawah ini:
1. Input device
2. Output device
3. Storage device
4. System unit
5. Communication device
Beberapa contoh akan di bahas dan di uraikan dalam tulisan ini.


Isi
Pada awalnya, Hewlett-Packard didirikan oleh William Hewlett dan David Packard di sebuah garasi mobil. Dari sebuah undi lempar koin Hewlett menang maka nama dia di jadikan nama perusahaan mereka sesuai keinginan mereka untuk menamai perusahaan yang mereka bangun itu dengan nama mereka. Hewlett-Packard terus berkembang dengan filosofi mereka yang di sebut HP Way yang mereka sebut Management by Walking Around pada tahun 1957. Mereka berhasil menjadi perusahaan besar sampai sekarang. Pada awal tahun mereka berdiri mereka menyediakan barang-barang sederhana seperti audio oscillator pada tahun 1939 terbeli oleh Walt Disney sebanyak 8 unit. Tahun 1960 an mereka mengembangkan produknya dengan menyediakan kalkulator. Dan pada tahun 1980an mulai merambah pasar komputer dan printer. Sampe sekarang terhitung bahwa sekitar 60% printer yang terjual ber bandrol merk HP. Printer dari HP terkenal dengan kualitasnya yang tinggi. Serta produk-produk yang masih berhubingan dengan komputer termasuk PC atau komputer personal, Notebook Computer, mesin scan, ink-jet dan laser printer (printer dengan kualitas tinggi). Hewlet Packard tetap produsen besar yang menyumbangkan kemajuan teknologi sejak berdiri hingga hari ini. Meski tahun ini mereka sudah akan mengehentikan bisnis hardware dan fokus pada bisnis software.
Sebuah mouse (dalam bahasa Inggris kita artikan tikus), karena memang isnpirasinya dari tikus yang berkeliaran di rumah. Seiring pertumbuhannya, sebuah PC atau Personal Computer di lengkapi dengan berbagai perangkat keras lain untuk mendukung proses pengoperasian nya.
Logitech, adalah sebuah perusahaan produsen terbesar di dunia untuk mouse. Pada tahun 1981, mouse di luncurkan. Ini merupakan hasil ciptaan 2 orang siswa Stanford University, bernama Pierluigi Zappacosta seorang kelahiran dan seorang kelahiran Swiss Daniel Borel. Dari tahun pertama Logitech berdiri sampai tahun 2006 dimana artikel di tulis, sudah lebih dari 500juta mouse terjual di seluruh dunia. Namun Logitech tidak cukup hanya dengan menciptkana, memproduksi mouse. Logitech juga membuat perangkat keras sebagai input devices seperti keyboard, optical trackball, joystick, game controller hingga PC Video camera. Dan masih banyak lagi.
Yang akan di ulas berikutnya akan di ambil contoh adalah storage device yaitu hard disk. Sebagaimana sebuah pekerjaan yang sudah kita selesaikan di dalam operasinya kita menggunakan sebuah PC atau Laptop atau Notebook. Sangat penting untuk menyimpan data yang sudah di selesaikan agar bisa di buka dan di pergunakan kembali. Maka sebuah storage device atau perangkat penyimpanan sangatlah di perlukan. Hardisk hanya sebuah contoh device atau alat yang bisa menyimpan data yang kita punya.
IBM sedang mengembangkan terobosan baru yaitu hardisk terbesar dunia dengan muatan file tidak kurang dari 1 triliun jumlahnya. Sampai sekarang baru hardisk dengan 15petabyte kapasitas yang paling besar di dunia. Perkembangan ini juga di ikuti oleh di bangunya perangkat keras dan perangkat lunak untuk mendampingi hardisk tersebut. Dengan menciptakan pendingin dengan sirkulasi air bukannya kipas seperti pendingin hardisk pada umumnya.
Lalu, semua professional sampai mahasiswa ataupun siswa sekolah dasar dan menengah pasti sudah mengenal bahkan membawa sebuah USB atau lebih di kenal dengan flash disk. Berbagai macam bentuk dan ukuran dari handheld ini sudah beredar di pasaran. Dalam bentuk lain sebuah storage device, John Tu dan David Sun menemukan sebuah chip untuk saran penyimpan yang mereka namakan Kingston technology. Meski chip bukan satu-satunya produk mereka. Sampai hari ini begitu banyak produk keluaran Kingston yang di konsumsi dan di pakai di seluruh dunia tak terkecuali kita sendiri.
Di dasarkan pada fakta adanya pertumbuhan teknologi komputer pada umumnya, adalah penting bila menilik pada bagian-bagian yang amat penting pada sebuah komputer. Hardware adalah perangkat yang sangat vital sama halnya dengan perangkat lunaknya. Sebuah mother board adalah salah satu spesifikasi teknis hardware pada sebuah komputer. Mother board merupakan pusat pengatur dari semua komponen yang terpasang, yang mengatur daya listrik pada semua komponen. Dan di dalam motherboard terpasang processor yang berarti central processing unit dan yang memproses data yang diterima (input) seterusnya akan menghasilkan keluaran output. Dan saat berkerja, sebuah processor senantiasa berhubungan dengan semua komponen dalam CPU. Yang paling utama adalah RAM dan hardisk. Bisa kita sebut sebuah processor adalah otak dari sebuah komputer.
RAM atau Random Access Memory memegang arahan data yang akan diproses oleh processor. Sedanngkan fungsi utama hardisk sebagai media penyimpanan secara permanent. Untuk sebuah hardisk bisa di bagi menjadi dua jenis yaitu hardisk internal dan hardisk external. Untuk hardisk internal adalah storage device yang sudah terpasang secara otomatis sebagai spesifikasi teknis dalam sebuah komputer. Hardisk eksternal atau hardisk yang berada di luar komputer yang biasanya akan di gunakan sebagai media penyimpan sekunder.
Sebagai contoh spesifikasi teknis laptop adalah motherboard. Yang di rakit dalam laptop tersebut adalah keluaran dari Wistron dengan model serial 30B2 61059 dengan chip Intel-i945GM dan south bridge Intel 82801GHM (ICH7-M/U) dan merk perusahaan Hewlett-Packard versi F.32 tanggal peluncuran 05/17/2007.
Dan besarnya media penyimpan yang tertera di dalam bagan tersebut adalah 58.59 Gygabyte. Ini adalah hardiskinternal yang terinstall pada laptop dengan spesifikasi tersebut di atas.

Kesimpulan
Komputer adalah sebuah peralatan elektronik yang beroperasi di bawah control instruksi yang disimpan di dalam memory-nya, yang dapat menyimpan data, memanipulasi data menurut aturan yang ditentukan , memberikan hasil untuk keperluan mendatang.
Hardware dalam sebuah komputer di bagi menjadi beberapa kategori/ kelompok yaitu; input device, output device, storage device, system unit dan communication device.
Sejarah hardware di warnai dengan pertumbuhan teknologi yang begitu pesat. Perusahaan-perusahaan pencipta dan produsen hardware/ perangkat keras untuk komputer di dirikan demi kemajuan bidang teknologi yang hingga sekarang menyumbangkan berbagai kemudahan dalam berkomunikasi. Dan masih terus membuat terobosan –terobosan.
Spefisikasi teknis perangkat keras dalam komputer sangat penting dan semua bisa di ketahui oleh setiap user.
Pada akhirnya, teknologi dan pertumbuhannya patut di ikuti oleh semua orang. Semua orang membutuhkan teknologi. Baik di dalam sekolah, kantor maupun rumah tangga. Sebab yang terurai di tulisan ini hanya sebagian kecil dari seluruh hardware yang ada di dunia.
Teknologi tidak akan hilang jstru akan terus bertumbuh.

Sumber tulisan:
1. Discovering Computer, 2011. Living in a Digital World. Complete. Gary B. Shelly, Misty E. Vermaat
2. Lecture Notes, Pengantar Teknologi Informasi. Prof. Dr. Harjanto Prabowo. yshp@binus.edu
3. Kompas, Langkah HP Hentikan Bisnis Hardware Dinilai Tepat (http://tekno.kompas.com/read/2011/08/22/15330791/Langkah.HP.Hentikan.Binis.Hardware.Dinilai.Tepat)
4. Kompas, Selasa 6 September 2011. 16:20. IBM Bikin Hardisk Terbesar Berkapasitas 120 Petabyte
5. Mobile Computer/ Laptop. HP, Compaq. For pictures source and specifications
6. Companies On The Cutting Edge. Logitech. Mice are Welcome Here (Discovering Computer, 2011. Living in a Digital World. Complete. Gary B. Shelly, Misty E. Vermaat)
7. Companies On The Cutting Edge. Hewlett-Packard. Technology For Business and Life (Discovering Computer, 2011. Living in a Digital World. Complete. Gary B. Shelly, Misty E. Vermaat)
8. Companies On The Cutting Edge. Kingston. Memory In The Making (Discovering Computer, 2011. Living in a Digital World. Complete. Gary B. Shelly, Misty E. Vermaat)

0 komentar:

Posting Komentar